Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Usaha Budidaya Ikan Nila

 Pada kesempatan kali ini anibarstudio.eu.org akan membagikan sebuah peluang usaha yang bisa dilakukan oleh sobat semua, terutama sobat yang sekarang dikampung karena tergerus oleh covid-19 ini sehingga terpaksa harus dirumahkan, jangan salah di kampung juga memiliki potensi bisnis yang sangat besar bahgak menggiurkan, bahkan sobat bisa memiliki lebih banyak penghasilan dibandingkan dengan saat soat bekerja


Peluang Usaha Budidaya Ikan Nila


Sebetulnya kan nila memiliki potensi bisnis yang cukup menggiurkan dibandingkan jenis ikan air tawar lainnya, misalnya kita bandingkan dengan ikan lele ataupun ikan gurame, cara budidayanya-pun relatif mudah dan modalnya tidak terlalu besar. Bisnis budi daya ikan nila cocok dilakukan oleh pelaku usaha pemula yang ingin berkecimpung di bidang perikanan. Saat ini, usaha budidaya ikan nila bisa dibilang sedang meningkat trend-nya terutama di kampung-kampung yang memang sangat strategis untuk bisnis ini, selain air yang memang sangat banyak, kadar airnya pun belum tercemar oleh limbah yang berbahaya terlebih lagi potensi bisnisnya cukup menjanjikan, ini bisa jadi kesempatan buat sobat yang sedang mencari ide usaha. anibarstudio.eu.org berkesempatan untuk membahas hal-hal seputar budidaya ikan nila, termasuk tips agar bisa sukses menggeluti bisnis tersebut.

Dengan semakin berkurangnya populasi ikan laut karena terjadinya overfishing dan praktek pengambilan sumber daya laut yang tidak bertanggung jawab, ini menyebabkan bisnis ikan air tawar menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan ikan sebagai sumber pangan berprotein tinggi, maka jangan ragu bila sobat memiliki kenginginan untuk membangun bisnis Budidaya Ikan Nila ini, permintaan dari pasarpun kini semakin meningkat karena sedang masa pandemi ini mengkonsumi sayuran dan ikan sebagai sumber protein dan vitamin yang sangat dianjurkan.   

Ikan nila dikenal dengan pertumbuhannya yang sangat cepat, yakni hanya membutuhkan waktu 4 hingga 6 bulan untuk pembesarannya hingga memenuhi ukuran standar untuk dijual dan dikonsumsi.


Keunggulan Ikan Nila

Dikenal dengan nama Latin Oreochromis niloticus, banyak sekali keunggulan yang bisa kita dapatkan saat membudidayakan Ikan Nila, berdasarkan pada habitatnya ikan nila sangatlah mudah untuk dibudidayakan karena dianggap cukup kuat terhadap gangguan penyakit yang biasa dialami oleh jenis ikan lainnya, sehingga perawatannya mudah dan biayanya murah, namun hasilnya relatif menguntungkan. Dari sepasang indukan nila saja, dapat dihasilkan jumlah telur yang sangat banyak, yaitu sekitar 500 sampai 1000 telur. Hal inilah yang  menjadikan ikan nila sebagai komoditas ikan air tawar yang sangat menguntungkan untuk dijadikan peluang bisnis. 

Ikan ini pun tingkat konsumsinya cukup tinggi di masyarakat bahkan istri sayapun saat ngidam dia ingin sekali menikmati ikan nila. Rasa dagingnya yang lezat dan harganya yang relatif murah di pasaran membuat ikan ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, sehingga kemudian bermunculan banyak peluang bisnis terkait budidaya ikan nila sebagai lahan untuk mencari pendapatan mengingat kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat ini.


Tips Budidaya Ikan Nila

Biarpun terkesan mudah, tetap saja segala sesuatunya harus diperhitungkan secara matang, apalagi kita kan mencoba untuk berbisnis, maka dari itu ada beberapa hal teknis yang perlu dipelajari dalam mempersiapkan Bisnis ini, termasuk penyiapan kolam, pemilihan benih, penyediaan pakan dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah cara membudidayakan ikan nila ala anibarstudio.eu.org yang baik agar bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal.


Mempersiapkan Kolam

Pada dasarnya, ikan nila merupakan jenis ikan yang bisa hidup di berbagai jenis kolam, baik itu kolam tanah, kolam semen, kolam terpal, hingga jaring yang terapung dan tambak air payau. Penyiapan kolam sebenarnya tidak sulit, karena hanya dengan luas kolam 3 meter persegi dengan alas terpal pun, kamu sudah bisa beternak ikan nila. 

Tidak sedikit peternak ikan nila yang lebih memilih kolam dari terpal karena mudah dibuat, bisa menampung banyak ikan, dan mudah untuk dibersihkan. Selain itu juga kolam terpal membuat ikan yang dirawat memiliki kualitas yang lebih mumpuni dengan tingkat kematian yang lebih rendah.

Untuk kamu yang memilliki modal sedikit, kamu bisa memilih baik kolam terpal ataupun kolam tanah. Karena kedua jenis kolam ini relatif lebih mudah untuk mengontrolnya.

Tapi jujur saja kolam tanah lebih anibarstudio.eu.org rekomendasikan, karena biasanya di kolam tanah akan muncul hewan-hewan air dan tumbuhan-tumbuhan kecil yang bisa menjadi pakan alami bagi ikan nila dan juga ikan nila lebih dekat dengan habitatnya membuat ikan lebih nyaman dalam tumbuh kembangnya. 

Penting sobat ketahui ikan nila akan tumbuh dengan baik di ketinggian 300 hingga 600 dari permukaan air laut dengan suhu 25-30 derajat celcius, kadar garam 35/ml air, dengan pH air kolam sebesar 6-7 alias pH netral.


Pemilihan Benih Ikan Nila

Setelah sobat selesai mempersiapkan kolam yang akan digunakan, sekarang tiba saatnya untuk melakukan pemilihan benih ikan nila. Ada banyak tips untuk memilih ikan nila, namun salah satu yang cukup sering dianut oleh para peternak ikan nila adalah dengan cara memilih ikan nila berjenis kelamin jantan yang sehat karena pertumbuhannya biasanya 40% lebih cepat dibandingkan ikan nila betina.

Selain itu, pastikan kamu membeli benih ikan nila yang berasal dari tempat yang terpercaya dan juga banyak review baik tentang benihnya, sehingga mengurangi kemungkinan kamu membeli benih ikan nila yang abal-abal. Dengan mencari benih ikan di tempat terpercaya, kamu akan mendapatkan ikan nila berkualitas tinggi.

Perhatikan juga saat kamu membawa ikan nila ke kolamu, pastikan di wadah yang besar agar ikan lebih leluasa, jika harus di kantong pelastik pastikan kantong pelastiknya besar dan di isi banyak oksigen\udara.


Penebaran Benih Ikan ke Kolam 

Langkah penting selanjutnya buat sobat semua adalah penebaran benih ikan nila harus diawali dengan adaptasi benih terlebih dahulu. Cara melakukan adaptasi benih ini cukup mudah yaitu dengan memasukkan kantong berisi benih ikan nila ke dalam permukaan air kolam selama 20 - 30 menit.

ini penting dilakukan karena hal ini bertujuan untuk menyesuaikan suhu di dalam kantong dengan lingkungan di dalam kolam. Setelah lebih dari 20 - 30 menit, kamu bisa membuka kantong tersebut, dan biarkan hingga seluruh benih ikan nila keluar dengan sendirinya, jangan ditebar dengan cara dipaksa di balikan kantong pelastiknya, ini akan mempengaruhi mental dari siikan tersebut.

Penting diperhatikan juga penyesuaian antara kolam dan jumlah benih ikan yang kita tebar. Umumnya setiap meter persegi kolam bisa diisi 15 hingga 30 ekor ikan nila dengan asumsi masing-masing ekor memiliki berat 10 – 20 gram.


Pemeliharaan Ikan dalam Kolam

Setelah selesai mempersiapkan kolam, memilih benih ikan yang bagus dan berkualitas serta menembarkanya ke kolam sesuai yang anibarstudio.eu.org tulis di atas, sekarang saatnya sobat melakukan pemeliharaan yang intensif agar perkembangan ikannya optimal. Ada beberapa komponen penting di dalam pemeliharaan ikan nila ini yaitu pengelolaan air dalam kolam, pemberian pakan ikan nila secara rutin, serta pengendalian hama dan penyakit. 

Pengelolaan air kolam yang baik merupakan salah satu komponen pemeliharaan budidaya ikan nila yang paling penting. Kualitas air kolam harus selalu dijaga agar tidak mengganggu proses perkembangan ikan. Pastikan air kolam memiliki pH stabil sehingga kebutuhan akan oksigen terpenuhi. Usahakan pula tidak ada hama di kolam. 

Yang sering saya lakukan adalah perhatikan penggantian air, karena saya memeliharanya di kolam tanah, sehingga lebih mudah mengganti air dengan yang baru, biarkan saja air bersih masuk ke kolam dan air yang sudah lama mengalir keluar, jangan lupa juga di peralon pembuangan air menggunakan jaring kecil agar ikan tidak ikut masuk ke dalam peralon tersebut.

Sebetulnya, ikan nila hanya membutuhkan sekitar 3% pakan dari berat tubuhnya setiap hari, jadi kamu bisa menghitung jumlah pakan setiap harinya dengan patokan ini Pemberian pakan ikan nila merupakan salah satu komponen yang paling mahal dan bisa dibilang yang paling menentukan, sama halnya dengan pemeliharaan hewan ternak, maka dari itu pintar-pintarlah dalam mengatur pangan agar tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.


Panen Ikan Nila

Inilah waktu yang paling ditunggu oleh para peternak ikan, baik ikan nila ataupun ikan lele. Biasanya ikan nila sudah siap panen bila mencapai bobot 300 hingga 500 gram, atau sudah mencapai waktu pemeliharaan sekitar 4 hingga 6 bulan.

Pastikan terlebih dahulu apakah sobat ingin memanen ikan sekaligus atau sebagian. Jika hanya memanen sebagian saja, saat ingin menyatukan kembali ikan yang tidak dipanen dengan ikan lainnya, pastikan untuk memberikan malachite green sebagai antimikroba bagi ikan.

Jika ingin langsung panen sekaligus, sobat bisa langsung menggunakan jaring untuk mengambil ikan. Sobat juga bisa melakukan pengeringan kolam sebagian ataupun pengeringan kolam ikan total, namun dengan tetap mengalirkan air bersih sehingga ikan nila yang tersisa tidak stress ataupun mati.


KESIMPULAN

Mungkin cukup sekian pembahasan anibarstudio.eu.org tentang Peluang Usaha Budi Daya Ikan Nila, semoga sobat semua yang sedang menjalankan bisnis ini diberi kemudahan serta kelancaran, percayalah bahwa semua bisnis akan berhasil dengan maksimal jika dikelola dengan baik dan memiliki pengalaman yang baik juga. semoga pandemi ini cepat usai agar kita bisa beraktifitas seperti sedia kala, Aamiin.


Baca Juga