Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Usaha Cara Ternak Ikan Cupang untuk Pemula

 Pada kesempatan kali ini anibarstudio.eu.org kembali akan membagikan satu peluang usaha yang mungkin sobat semua tertarik dan ingin mempraktekanya, tulisan inipun bertujuan untuk pemula yang ingin merintis dalam berternak ikan cupang.

Peluang Usaha Cara Ternak Ikan Cupang untuk Pemula

Ikan yang memiliki nama ilmiah betta ini selain terkenal karena sering di beli oleh anak-anak ikan inipun terkenal dengan keindahan warnanya, saat ini banyak orang gemar mengoleksi beraneka ragam jenis ikan cupang atau ikan betta ini, tak salah jika saat ini sobat berencana untuk membudidaya ikan cupang karena sekarang peminat ikan ini bukan cuma anak-anak bahkan orang dewasapun tertarik dengan keindahan warnanya

Ikan Cupang adalah ikan air tawar yang habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya, maka tidak salah kalau dulu ikan ini dibeli oleh anak-anak hanya sekedar untuk di adu saja, sayapun waktu kecil sering bersama teman-teman berlomba dalam mengadu ikan cupang tersebut.


Perlu sobat ketahui juga bahwa ada banyak sekali jenis ikan cupang, diantaranya :

Jenis-jenis Ikan Cupang di Indonesia

  1. Ikan cupang Double Tail
  2. Ikan cupang Giant
  3. Ikan cupang Fancy
  4. Ikan cupang Slayer
  5. Ikan cupang Snakehead


Sebelum anibarstudio.eu.org menjelaskan bagaimana cara ternaknya, sobat harus bisa membedakan terlebih dahulu mana ikan cupang jantan dan mana ikan cupang betina agar proses pemijahan nanti berhasil dengan optimal.


Cara membedakan Ikan cupang jantan dan betina


Jantan

  1. Siripnya panjang dan berwarna terang
  2. Bentuk badannya panjang
  3. Gerakannya lincah

Betina

  1. Siripnya pendek dan warnanya kusam
  2. Bentuk badannya lebih bulat
  3. Gerakannya lambat


Setelah kita bisa membedakan mana ikan jantan dan mana ikan betina selanjutnya adalah step by step cara ternak ikan cupang atau cara ternak ikan betta yang bisa jadi peluang usaha untuk sobat semua.


1. Siapkan tempat pemijahan

Hal yang pertama haarus sobat siapkan adalah Tempat pemijahan bisa itu berupa kolam atau aquarium yang lumayan besar, gunakan juga air sungai yang jernih untuk pemijahan antara ikan cupang jantan dan ikan cupang betina. Biarkan air dalam tempat tersebut selama satu malam sebelum memindahkan ikan.


2. Memilih Indukan Ikan Cupang

Sebelum melakukan pembijahan kamu harus tahu bahwa indukan jantan dan betina sudah masuk kedalam fase matang atau siap untuk dikawinkan, indukan ikan cupang jantan bisa mulai di budidayakan pada usia 4-8 bulan, sedangkan betina 3-4 bulan.


3. Tanaman air

Jangan lupa juga untuk memasukkan tanaman air kedalam tempat pemijahan agar nantinya si anak ikan cupang bisa berlindung pada tanamah tersebut


4. Memasukan Ikan ke tempat pemijahan

Masukkan ikan cupang jantan terlebih dahulu yang tadi sudah kita pilih untuk membuat gelembung-gelembung udara yang akan digunakan untuk menyimpan para telur yang sudah dibuahi. Proses tersebut membutuhkan waktu selama satu hari. Jika gelembung udara sudah siap, masukkan indukan betina. Pemijahan ikan cupang biasanya terjadi mulai pukul 7-10 pagi atau pukul 4-6 sore. Ikan cupang cukup sensitif jadi biarkan ikan cupang ditempat yang tenang agar tidak terganggu.


5. Angkat indukan betina

Selanjutnya setelah proses pemijahan berlangsung, silahkan angkat indukan betina, ikan cupang jantan yang akan berperan menjaga para telurnya, telur tersebut akan dipindahkan kedalam gelembung oleh ikan cupang jantan. Jika tidak dipindakan, maka ikan cupang betina akan memakan para telur tersebut.


6. Telur Menetas

Setelah 3 hari para telur akan menetas, mereka tidak perlu diberi makan. Berilah kutu air (moina atau daphnia) dengan jumlah yang sedikit agar tidak terlalu banyak dan membuat kotor air dalam wadah.


7. Ambil ikan cupang jantan

Selanjutnya angkat juga ikan cupang jantan setelah 2 minggu sejak telur menetas. Pindahkan anak ikan tersebut ketempat yang lebih luas dan berikan makanan untuk anak cupang tersebut, bisa diberikan kutu air atau larva nyamuk.


8. Sortir ikan berdasarkan jenis kelaminnya

Setelah Usia anak ikan cupang sampe umur 1,5 bulan pisahkan ikan-ikan tersebut sesuai dengan jenis kelaminnya.


KESIMPULAN

Itu adalah 8 langkah mudah bagaimana cara Ternak Ikan Cupang untuk Pemula dan ini bisa sobat jadikan sebagai peluang usaha yang sangat menguntungkan, di tulisan saya selanjutnya akan saya bahasa bagaimana cara merawat ikan cupang agar ikanya selalu sehat dan warnanya bagus dan menarik.


Baca Juga