Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Mudah Mendaftar di Cloudflare

 Pada kesempatan kali ini anibarstudio.eu.org akan membagikan tutorial bagaimana cara mendaftar ke CDN Cloudflare dengan mudah.

Tutorial Mudah Mendaftar di Cloudflare

Sebagaimana yang kita tahu CLoudflare adalah salahsatu penyedia DNS Management yang gratis yang bisa kita gunakan untuk me-managed semua domain-domain yang kita miliki, bukan cuman fitur DNS Managementnya, CLoudflare juga memiliki fitur yang sangat luas yaitu diantaranya yang sangat terkenal dan banyak di manfaatkan oleh para bloger profesional adalah fitur CDN (Content Delivery Network), buat yang belum tau aja CDN itu adalah sekelompok server yang berada di beberapa negara besar dimana kegunaan server tersebut untuk mencache blog/website sehingga setiap orang dari negara yang berbeda bisa sangat cepat mengakses blog/website sobat, contoh sederhanya adalah kalau misalkan ada orang Singapore yang ingin mengakses blog sobat, maka mereka akan mengaksess blogsobat ke server CDN yang ada di Singapore, jadi interaksi antara pengunjung dan blog/website pasti sangat cepat karena mereka akan berasa mengakses server lokal, walaupun server aslinya ada di Indonesia.

Baca JugaKetentuan Google Adsense Bulan April 2022

Bukan cuman itu saja sobat, di cloudflare juga ada fitur namanya Firewall, jadi kita bisa memblok visitor dari sebuah Negara atau dari IP Address tertentu, ada juga Analytics nya jadi sobat bisa tau trafik orang yang mengaksess blog sobat.

Selain yang saya sebutkan di atas, CLoudflare juga melindungi blog sobat dari serangan DDOS atau dari hacker yang tidak bertanggung jawab, gimana tertarik ingin mendaftar ke cloudflare ?, yang paling penting adalah semuanya gratis.


Langsung saja sobat tinggal ikuti tutorial  yang sudah anibarstudio.eu.org buat dibawah ini


1. Persiapan

  1. Pastikan sobat mempunyai email yang aktif.
  2. Sudah mempunyai domain untuk blog/website sobat.
  3. Bisa akses ke registrar penyedia domain
  4. Mengerti mengganti NS (Name Server) domain yang sobat miliki.

Jika semua persyaratan diatas sudah terpenuhi, selanjutnya adalah langkah melakukan pendaftaran.


2 Mendaftar di Cloudflare

Silahkan sobat akses situs cloudflare disini : https://www.cloudflare.com/
Akan keluar sepeprti pada gambar dibawah ini

Tutorial Mudah Mendaftar di Cloudflare

Selanjutnya silahkan klik Sign Up, selanjutnya akan tampil seperti pada gambar dibawah ini

Tutorial Mudah Mendaftar di Cloudflare

Silahkan masukan Email aktif sobat dan masukan juga Password yang pasti sobat ingat, selanjutnya klik Creat Account.

Selanjutnya silahkan masukan domain yang sobat miliki lalu klik tombol Add Site, perhatikan gambar dibawah ini.

Tutorial Mudah Mendaftar di Cloudflare
Selanjutnya sobat diminta untuk memilih paket yang ingin sobat gunakan, pilih saja paket yang $0/month, artinya sobat menggunakan paket gratis, lalu silahkan klik Confirm Plan, perhatikan gambar dibawah ini

Tutorial Mudah Mendaftar di Cloudflare
Selanjutnya cloudflare akan membaca semua konfigurasi DNS Server sobat, jika sebelumnya sudah pernah melakukan konfigurasi, misalkan konfigurasi NS, MX TXT, NS dan lain sebagainya, perhatikan gambar dibawah ini (saya mencontohkan menggunakan domain anibarstudio.com).

Tutorial Mudah Mendaftar di Cloudflare

Selanjutnya pilih Continue, Selanjutnya sobat akan diminta untuk mengganti NS Domain sobat agar di arahkan ke NS Cloudflare, perhatikan gambar dibawah ini.

Tutorial Mudah Mendaftar di Cloudflare

Silahkan klik Done, check nameservers, sampai terbuka seperti pada halaman dibawah ini.

Tutorial Mudah Mendaftar di Cloudflare

Sampai disini sobat sudah berhasil membuat sebuah akun di Cloudflare dan juga menambahkan domain sobat, tinggal satu langkah lagi yang harus sobat lakukan.


3. Mengarahkan NS Domain ke CLoudflare

Selanjutnya silahkan aksess ke situs dimana sobat meregistrasi domain sobat, ada banyak sekali penyedia domain seperti Rumah Web, Jagoan Hosting, Niagahoster dan lain sebagainya, silahkan sobat masuk dan ubah NS domain sobat, jika masih bingung, silahkan saja hubungi CS penyedia domain dan minta tolong untuk mengarahkan NS domain sobat ke NS yang di minta oleh si Cloudflare tadi.
perhatikan gambar dibawah ini

Tutorial Mudah Mendaftar di Cloudflare

Setelah selesai maka selanjutnya sobat tinggal menunggu sekitar 15 - 30 menit sampai NS domain sobat sudah berubah ke NS CLoudflare.


KESIMPULAN
Dari sekian banyak manfaat dari cloudflare, maka dengan sobat mendaftarkan semua domain sobat disana adalah langkah terbaik agar blog/website sobat bisa di atur dan memiliki kecepatan yang sangat luar biasa, tapi harus hati-hati juga dengan fitur cache yang terkadang sellau membuat bingung saat sobat sudah melakukan edit html/css di blog/website sobat, maka dari itu setiap sudah selesai melakukan editing css/html jangan lupa untuk melakukan Purge Cache.

Baca Juga

Mungkin cukup sekian pembahasan saya tentang Tutorial Mudah Mendaftar di Cloudflare, semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat.